Bisnis MLM…Yakin?

http://www.bisnisdenai.com/ikutan-bisnis-mlm/

mlm2Pertanyaan seperti judul itulah yang menggelayut dalam pikiran saya pertama kali. Ya, itu adalah kata-kata dalam hati saya ketika akhirnya memutuskan untuk menjalani suatu bisnis yang kata orang disebut Multi Level Marketing alias MLM.

Padahal, menjalankan MLM itu harus pinter ngomong, harus bisa bergaul, akrab dengan siapa saja dan dimana saja. Dan yang lebih penting, bisa menarik simpati orang agar mau bergabung untuk menjadi downline kita. Hahaha…saya bukan type orang yang bisa dengan mudah berbicara sama orang meskipun sudah saling kenal. Saya juga sama sekali anti dengan yang namanya marketing.

Tapi, ada alasan kuat yang akhirnya membuat saya akhirnya ikut-ikutan bisnis MLM. Alasannya sih klise. Biar dapet penghasilan lebih dan bisa kerja dirumah tanpa harus kerja kantoran. Saya mulai jenuh dengan rutinitas kantor yang menghabiskan waktu lebih dari 8 jam. Tapi dengan keikutsertaan saya di bisnis ini, ga membuat saya langsung resign dari kantor saat itu juga, karena saya mesti harus banyak belajar supaya bisa meraih kesuksesan di bisnis ini. Kalo udah sukses, baru resign…ga mau rugi yaa hehe.

Keputusan saya join di bisnis MLM ini juga banyak pertimbangannya loh. Seperti yang diketahui saat ini sudah sangat banyak bisnis MLM yang menawarkan banyak bonus dengan cara kerja yang berbeda dengan biaya pendaftaran yang berbeda pula. Saya juga sempat bingung bisnis mana yang benar-benar terpercaya dan bisa saya lakukan dengan baik meskipun saya bukan orang marketing.

Diantara banyaknya bisnis MLM itu saya memilih yang satu ini, alasan yang pertama biaya joinnya yang murah cuma Rp 49.900.. murah banget kan, artinya meskipun saya nanti akhirnya tidak berhasil tapi saya ga terlalu rugi karena modal awalnya kecil. Yang kedua, perusahaan ini sudah sangat terkenal dimana-mana, terutama kaum wanita. Karena sebelumnya saya juga pernah menggunakan produk yang mereka tawarkan. Waktu itu saya beli Masker hehe, jadi perusahaan ini memang terkenal dengan produk kecantikan dan kesehatannya baik untuk wanita maupun pria, tapi kebanyakan sih memang wanita yang biasa beli hehe.

MLMKarena perusahaan dan produknya yang sudah terkenal, membuat saya akan lebih mudah untuk menjualnya karena saya tidak perlu susah payah menjelaskan detail produknya. Selain itu fasilitas bagi membernya yang  mudah diaplikasikan. banyak MLM yang membiarkan membernya berjuang sendiri untuk mendapatkan penghasilan yang mereka inginkan. Tapi sebaiknya pilih MLM yang bisa membantu para member nya untuk bisa menjalankan bisnisnya dan mencapai kesuksesannya, seperti bisnis yang saya tekuni sekarang ini.

Oh iya, bisnis ini juga ga memberatkan para membernya. Sebelum join mereka memberikan saya tiga pilihan. mlm1Pertama, apakah saya hanya akan menjadi member untuk mendapatkan diskon produk. Kedua, apakah saya menjadi member untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan kembali produk (reseller), atau pilihan ketiga, apakah menjadi member untuk mendapatkan keuntungan (reseller) sekaligus mendapatkan bonus tetap perbulan dengan menjalankan bisnisnya yaitu merekrut dan membina. Tentunya saya pilih yang ketiga, karena alasan saya ikut MLM karena saya mau mendapatkan bonus yang banyak banget itu.

Pilihan saya ikut bisnis MLM ini membuat saya harus banyak belajar membaca dan mendengar. Membaca berbagai materi dan training yang disediakan untuk saya sebagai member baik secara online maupun offline. Mendengar nasihat-nasihat dan tips- tips berguna dari upline saya supaya saya bisa menjadi seperti mereka.

Kelihatannya memang sulit, tapi saya akan berusaha menjalaninya dengan baik, karena sehebat apapun fasilitas yang disediakan tapi kita tidak mempergunakannya dengan baik, hasilnya juga sama saja, malah bisa jadi tidak menghasilkan sama sekali. jadi kesuksesan itu dimulai dari diri kita sendiri, mau atau tidak menjalaninya..**

Note : tulisan ini adalah catatan salah satu dowline saya, Wina Aulia dalam blognya : http://kemoet.blogspot.com