Sukses Bisnis itu Ibarat Batu Akik

http://www.bisnisdenai.com/sukses-bisnis-itu-ibarat-batu-akik/

asah batuSetelah booming bunga antorium dan ikan lou han, giliran euforia batu akik menggila di Indonesia.

Rhenald Kasali, Guru Besar Fakultas ekonomi Universitas Indonesia, mengingatkan masyarakat untuk tidak gelap mata terhadap kemilau sesaat bisnis berbasis hobi koleksi semacam itu.

Ini mencerminkan masyarakat kita yang tidak kritis, rawan terhadap rumor. Orientasinya hanya sekedar mencari untung. Kata Rhenald sebagaimana dikutip CNN Indonesia, masyarakat Indonesia itu cepat sekali terbawa euforia sesaat. Contoh ketika bunga antorium dan ikan lauhan booming, banyak masyarakat yang memburu dan berbisnis itu, lalu tak lama euforianya luntur dan harganya anjlok.

Demam batu akik, kendati hobi ini sudah berlangsung lama, tetapi merupakan pengulangan fenomena bisnis sesaat. Ada tiga unsur yang memicu booming usaha berbasis hobi koleksi.

“Pertama tentu saja ada hobi dan ada pemicunya. Lalu ada spekulasi untuk mencari keuntungan, dan ketiga ada emosi yang mendasari bisnisnya,” jelas dia.

Berkembang cepatnya bisnis semacam ini, kata Rhenald Kasali, karena tingkat irasional masyarakat Indonesia masih tergolong tinggi. Berbeda halnya dengan di negara maju, yang mayoritas penduduknya rasional dalam berfikir.

Apapun itu, yang jelas bisnisnya batu akik saat ini sedang berkembangkan pesat.

Bagi saya, dalam bisnis, sukses itu juga seperti batu akik. Ia butuh diasah dengan usaha ekstra keras, berkelanjutanh dan konsisten secara cermat, untuk merubah batu biasa menjadi perhiasan luar biasa.

Ayo..yang mau mengasah kemampuan bisnis, gabung saja. Isi formulir yang ada ya..